Guru Sukwan Blog

Guru Sukwan, RPP, Silabus, Promes, Prota, KKM, Soal-soal, Artikel SEO

PROPOSAL PTK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA

PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MENGAKTIFKAN SISWA KELAS IV SDN LANGIT DALAM MATA PELAJARAN  IPA
MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN CONTOH

A. JUDUL PENELITIAN
Meningkatkan Pemahaman dan Mengaktifkan Siswa Kelas IV SDN LANGIT dalam Mata Pelajaran  IPA Melalui Penggunaan Alat Peraga dan contoh.

B. BIDANG KAJIAN
Desain dan Strategi Pembelajaran

C. PENDAHULUAN
Identifikasi Masalah

Saya guru kelas IV SDN LANGIT merasa gundah ketika melihat nilai IPA siswa dalam tiga kali ulangan IPA, rata-rata kelasnya hanya mencapai 5,6 dalam skala 10. Saya mencoba mengingat kembali beberapa episode pembelajaran IPA. Dalam setiap pembelajaran saya selalu menjelaskan materi IPA sesuai dengan buku paket. Pada setiap akhir penjelasan, saya memberikan kesempatan bertanya kepada siswa, namun tak seorang pun yang pernah bertanya. Meskipun siswa kelihatan bingung. Saya biasanya langsung memberikan pekerjaan rumah. Anak-anak sebenarnya sangat bosan dengan pelajaran IPA karena banyak yang tidak mereka pahami. Tetapi mereka terpaksa menghafal kalau akan ada ulangan.

Analisis Masalah
Dari hasil analisis, ternyata penyebab rendahnya nilai siswa adalah :

1.    Penjelasan saya tidak menarik karena tidak menggunakan alat peraga, sehingga mungkin terlampau abstrak bagi siswa.
2.    Saya tidak mengajukan pertanyaan ketika tidak ada siswa yang bertanya, sehingga siswa tidak terlibat secara aktif.

3.    Saya tidak mengaitkan IPA dengan lingkungan sekitar.

4.    PR siswa tidak dibahas di dalam kelas, tetapi hanya diberi nilai, sehingga siswa tidak mendapat balikan efektif.

D. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
Perumusan Masalah :

Bagaimana cara menggunakan alat peraga, mengaitkan IPA dengan lingkungan sekitar, mengaktifkan siswa dan memberi balikan, sehingga minat dan pemahaman siswa kelas IV terhadap IPA meningkat ?

Pemecahan Masalah :
1.    Guru menggunakan pendekatan kontekstual dalam mengajar IPA.

2.    Guru menjelaskan dengan menggunakan alat peraga, meminta siswa mencari contoh dari lingkungan sekitar dan memberikan balikan dan penguatan.

E. TUJUAN PENELITIAN
1. Mendiskripsikan cara menggunakan alat peraga.
2. Mendiskripsikan cara menggunakan contoh konkret dalam menjelaskan.
3. Mendiskripsikan cara mengaktifkan siswa.

F. MANFAAT HASIL PENELITIAN
1. Manfaat penelitian bagi guru :
– Membantu guru memperbaiki pembelajaran
– Membantu guru berkembang secara profesional
– Meningkatkan rasa percaya diri guru
– Memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan.
2. Manfaat penelitian bagi siswa
– Menimgkatkan proses atau hasil belajar siswa.
– Menumbuhkan sikap kritis siswa terhadap hasil belajarnya.
3. Manfaat penelitian bagi sekolah
– Membantu sekolah untuk berkembang karena adanya peningkatan/ kemajuan pada diri guru dan pendidikan di sekolah.

Selengkapnya silahkan unduh disini

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 7, 2011 by in MODUL, TUGAS.

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1 other follower

RSS Unknown Feed

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

%d bloggers like this: