Guru Sukwan Blog

Guru Sukwan, RPP, Silabus, Promes, Prota, KKM, Soal-soal, Artikel SEO

RANCANGAN PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI

RANCANGAN PENILAIAN HASIL BELAJAR BERBASIS KOMPETENSI

KRITERIA PENILAIAN:
PROSES SISTEMATIS  MELIPUTI PENGUMPULAN INFORMASI (ANGKA, DESKRIPSI VERBAL), ANALISIS, INTERPRETASI INFORMASI UNTUK MEMBUAT KEPUTUSAN.

Penilaian Berbasis Kompetensi:
Berdasarkan kriteria yang mengacu pada kompetensi, menjawab seberapa baik unjuk kerja siswa

PENILAIAN KELAS:
Proses pengumpulan & penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan ttg pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa.

CIRI PENILAIAN KELAS:
BELAJAR TUNTAS:
Belajar Tuntas (mastery learning): peserta didik  tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya, sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar, dan hasil yang baik.
Guru harus mempertimbangkan antara waktu yang diperlukan  berdasarkan karakteristik peserta didik dan waktu yang tersedia di bawah kontrol guru

OTENTIK:

  1. Memandang penilaian dan pembelajaran secara terpadu
  2. Mencerminkan masalah dunia nyata bukan dunia sekolah
  3. Menggunakan berbagai cara dan kriteria
  4. Holistik (kompetensi utuh merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap,)

BERKESINAMBUNGAN:

  1. Memantau proses, kemajuan, dan   perbaikan hasil terus menerus dalam bentuk Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, dan Ulangan Kenaikan Kelas.
  2. Ulangan Harian: selesai satu atau beberapa Indikator atau satu Kompetensi Dasar. (Cara: tertulis, observasi, penugasan, atau lainnya)  
  3. Ulangan Tengah Semester: selesai beberapa Kompetensi Dasar
  4. Ulangan Akhir Semester: selesai semua Kompetensi Dasar semester bersangkutan.
  5. Ulangan Kenaikan Kelas: selesai semua Kompetensi Dasar semester ganjil dan genap, dengan penekanan pada kompetensi dasar semester genap

BERBAGAI CARA & ALAT PENILAIAN:

  1. Mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan yang bervariasi
  2. Menggunakan   penilaian yang bervariasi: Tertulis, Lisan, Produk, Portofolio, Unjuk Kerja, Proyek, Pengamatan, dan Penilaian Diri

TEKNIK /CARA PENILAIAN:
UNJUK KERJA (PERFORMANCE) :
PENGAMATAN TERHADAP AKTIVITAS SISWA SEBAGAIMANA TERJADI (UNJUK KERJA, TINGKAH LAKU, INTERAKSI)

PROYEK :
PENILAIAN TERHADAP SUATU TUGAS PENYELIDIKAN YANG HARUS SELESAI DALAM WAKTU TERTENTU

HASIL KERJA (PRODUK):
PENILAIAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT PRODUK TEKNOLOGI DAN SENI

TERTULIS:
MEMILIH & MENSUPLAI JAWABAN

PORTOFOLIO :
PENILAIAN YANG  SISTEMATIS MELALUI KOLEKSI KARYA (HASIL KERJA) SISWA

SIKAP:
PENILAIAN TERHADAP PERILAKU DAN KEYAKINAN  SISWA TERHADAP OBYEK SIKAP

DIRI:
MENILAI DIRI SENDIRI BERKAITAN DENGAN STATUS,  PROSES, TINGKAT PENCAPAIAN KOMPETENSI YANG DIPELAJARINYA

Mungkin demikianlah Bapak/Ibu sedikit uraian tentang Rancangan Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kompetensi, jika ada kurang lebihnya Saya mohon maaf. Terima kasih.
Saran dan kritik silahkan tulis pada kotak komentar di bawah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 13, 2011 by in DIKLAT.

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1 other follower

RSS Unknown Feed

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

%d bloggers like this: